MENGATASI FACEBOOK DIKUNCI- Your account has been locked

We saw unusual activity on your account. This may mean that someone has used your account without your knowledge

Kami melihat aktivitas yang tidak biasa pada akun anda. Seseorang mungkin telah menggunakan akun anda tanpa sepengetahuan anda.

Waduh kaget-kaget saya baca pemberitahuan yang muncul di layar hp saya ketika mengunjungi laman Facebook.com yang baru beberapa hari lalu, perusahaannya sudah berubah dari Facebook.Inc jadi Meta.
Iya gaes, jadi yang diubah itu nama company alias perusahaannya. Bukan nama laman Facebook-nya. Saya sempat salah mengartikan seperti itu. Ceritanya saya hanya baca thumbnail dan judul sebuah artikel yang menuliskan
Facebook berganti nama jadi Meta
Tanpa ba-bi-bu baca isi artikel, ataupun kroscek info, saya segera buka laman www.facebook.com
Tapi kok masih 'f' hurufnya. Dan logo yang biasa muncul di pojok kiri atas pun masih tertulis 'facebook'. Apa yang berubah?
Kembali, baca isi artikel. Owalah... Ternyata nama perusahaan.

Back to the topic.

Saya kaget liat pemberitahuan tentang akun facebook saya telah terkunci itu.
Ada apa ini? Kenapa? Di ambil alih? Di hack?
Hal pertama yang saya lakukan adalah pinjam hp adik dan cari nama profil akun yang dimaksud. Makin kaget lagi. 
Kok gak ada akun saya?
Tapi kaget aja sih. Nggak sampe heboh. Nyari 3 kali. Gak ada. Okeh. Mari telusuri permasalahan. Baca lanjut isi pemberitahuan di hp saya tadi.

Account locked November 3, 2021

Perasaan kemarin aku gak apa-apa in akunku.

To protect you, your account is not visible to people on Facebook an you can't use your account.

Owalah. Jadi akunku hilang itu memang tindakan otomatis dari si efbi. Mungkin takutnya ada yang mencoba masuk terus salah dan akhirnya posting macam-macam kali ya. Makanya akun saya dilindungi dengan dihilangkan sementara.

Di bawahnya, ada pemberitahuan untuk melakukan beberapa langkah agar akun bisa kembali digunakan dan muncul di permukaan dunia maya. Alhamdulillaah tidak susah. Gampang saja dan akun sudah bisa kembali digunakan.
Berikut ini langkah-langkah yang saya lakukan dan mungkin teman-teman bisa mengikuti.
Saya mulai langkah pertama dengan klik

1. Get started (Mulai)
Terus yang muncul udah kayak di gambar di bawah ini aja. Akun saya sudah terkonfirmasi. Perasaan belum ngapa-ngapain. Mungkin karena saya pakai hp yang biasa digunakan untuk buka akun itu makanya langsung otomatis terkonfirmasi.
2. Klik Next (Lanjut)
Akan muncul nomor hp dan email yang digunakan di akun kita. Dan kita diminta memperhatikan apakah nomor hp dan email tertera adalah email yang memang kita pakai atau isi sebagai keterangan kontak.

3. Klik Next (Lanjut) lagi
Di sinilah kita diminta untuk menghapus ataupun tetap membiarkan kontak yang tertera. Kalau mau hapus klik centang untuk kontak yang ingin dihapus. Kalau tidak ada yang ingin dihapus ya klik 'jangan hapus apapun'

4. Setelah itu akan muncul tab yang meminta kita untuk membuat password baru.
Buatlah password yang susah untuk ditebak orang lain, hindari menggunakan password lama atau password yang pernah digunakan sebelum-sebelumnya. Karena kejadian ini bisa saja terjadi karena ada yang tau password lama anda. Kita juga akan diminta menginformasi perubahan nomor 3 dan 4 via email, jadi pastikan email anda juga aktif ya.
5. Setelah itu akan muncul detil informasi kontak yang telah kita setujui untuk digunakan di facebook. Klik next dan selamat! Akun anda sudah tidak terkunci lagi. 

6. Langkah selanjutnya kita akan diminta untuk mereview aktivitas terbaru di akun kita. Barangkali aktivitas postingan itu tidak dilakukan oleh kita. Jadi kita bisa hapus postingan tersebut.
Tapi setelah klik mulai. Kita akan kembali dihadapkan dengan email untuk memastikan bahwa email itu terhubung dengan akun facebook kita. Kita bisa menambahkan juga email lainnya.
7. Kita juga akan diminta mereview sosmed lain yang terhubung dengan akun facebook kita. Kita bisa menghapus atau membiarkan tetap terhubung.
8. Setelah melakukan semua review, maka silahkan kembali ke halaman beranda. Dan akun anda sudah kembali berhasil digunakan!

Semoga kejadian ini tidak terjadi lagi ya. Mari kita sama-sama berhati-hati.

Terimakasih sudah baca sampai akhir dan mengikuti postingan ini. Semoga bermanfaat.