Panduan Menulis Descriptive Text Things (Benda) - FOSASCOM

Halo teman-teman SMP/MTs sederajat...

Lagi dapat tugas Bahasa Inggris untuk membuat text deskripsi tentang benda favorit kalian ya?
Kali ini. Saya mau share sedikit tips nih untuk mempermudah kita menulis descriptive text tentang benda. Cara yang diajar sama guru pamong saya nih.
InsyaaAllah kalau ngikutin cara ini, jadi lebih mudah dalam pembuatannya. Yuk ikuti panduan di bawah ini. Btw. Saya sebut SMP/MTs karna generalisasi saja ya, soalnya yang saya tau biasanya di Indonesia, pembelajaran menulis deskripsi singkat tentang benda ya di bangku kelas 7. Skip...!

Lanjut ke tips yang mau saya share...

Pertama. ya tentukan dulu teman-teman mau mendeskripsikan tentang benda apa.
Di sini saya akan menuliskan tentang benda favorit saya yaitu HP atau smartphone ya. Berikut ini tampilannya:

Kedua. Pikirkan apa fungsinya atau kegunaan benda itu. Apa yang bisa kamu lakukan dengan benda itu.
Misal: Saya mengggunakan HP ini untuk menelepon orangtua saya dan mengabadikan momen.
I use the phone to talk to my parents and to take pictures.
Ketiga. Perhatikan benda tersebut dan tulis apa saja yang muncul dalam pikiranmu ketika melihat benda itu dalam bahasa Indonesia. Kemudian, terjemahkan pemikiran tersebut ke dalam Bahasa Inggris.
Misalnya: Oh, HP ini bentuknya kotak. Warnanya gold. Saya beli HP ini tiga tahun lalu.
My phone has rectangle shape. The color is gold. I bought the phone three years ago.
Nah untuk gampangnya, kalian bisa nih ikutin panduan FOSASCOM.
Apa itu FOSASCOM?
FOSASCOM adalah singkatan dari: Features. Opinion. Size. Age. Shape. Color. Original. Material.
FOSASCOM ini adalah bagian aspek-aspek dari sebuah benda yang bisa kamu tuliskan dalam teksmu.
TABLE FOSASCOM


Setelah sudah di list semua.
Keempat.. Silahkan deh susun list-list tersebut menjadi kalimat. 
Gimana? Mudah kan?
Dari list FOSASCOM tentang smartphone diatas, sebuah teks pendek tentang ‘My Favorite Phone’ sudah dibuat. Untuk melihat teksnya, silahkan klik 👇