Jaringan Smartfren di Kupang, NTT - Ada?


Postingan kali ini saya pengen share sedikit saja, barangkali karna musim mudik, ada yang bertanya-tanya jaringan Smartfren4G di Kupang sudah ada atau tidak.
Pertanyaan yang kadang muncul dari orang-orang yang akan pergi ke Kota Kupang, atau dari teman-teman yang sudah lama merantau lalu akan balik ke Kota Kupang, ke saya adalah:
“Di Kupang sudah ada jaringan Smartfren belum ya?”

Jawabannya:
“Belum ada, gaes.”
Kok saya bisa tau? Iya atuh, dari pengalaman. Tapi dari pihak smartfrennya juga yang ngasih tau sih... Monggo dibaca sampai akhir postingannya kalo penasaran, karena saya mau cerita dulu. Ehheeee.
Ibukota provinsi NTT ini memang setau saya baru ada jaringan Telkomsel dan Indosat yang alhamdulillah sudah pada 4G. Nah, kalau di Kupang saja belum ada, bisa di pastikan sih di daerah provinsi NTT yang lainnya juga belum ada.

Cukup sedih memang buat yang menggunakan Smartfren sebagai kartu utama berinternet.
Saya sih, tidak ambil pusing (hehe) karena layanan Smartfren bukanlah kartu utama pemakaian. Tapi pernah punya cerita terkait jaringan Smartfren yang belum ada di Kota Kupang.
Tahun 2015 ketika akan pergi ke Kota Kupang, saya memikirkan berbagai macam persiapan termasuk persiapan berinternet untuk tugas kuliah, organisasi, dll. Karena kata teman saya (yang hanya tau kalo) Smartfren bagus dan kencang untuk internet, maka tanpa ba bi bu, saya langsung membeli modem Smartfren plus kartunya yang sudah ada paketan internetan yang melimpah ruah untuk bekal berinternet di laptop ketika di Kupang. Tapi 3 hari sebelum berangkat, saya menjualnya ke seorang teman lalu membeli modem lain yang support kartu Telkomsel. 
Kenapa? Karena di Kupang belum ada jaringan Smartfren. Dan modem Smartfren yang saya beli tidak support kartu selain Smartfren. Hiks~
Semenjak itu, tiap mudik ke Kota Kupang, saya hanya menyiapkan kartu Telkomsel dan Indosat. Tidak mau pusing-pusing lagi.
Mei 2019, seorang teman bertanya di grup, “
“Kartu smartfren di Kupang pake ko sonde e?”
Karena sudah jelang 4 tahun sejak 2015, maka harapan saya mungkin sudah ada. Tapi…
Nanya sana-sini ke teman-teman yang berada di Kupang, jawabannya” tidak tau”. Cari di internet juga tidak ada kejelasan. Maka saya berinisiatif tanya ke admin Smartfren di Twitter. Dan Ini jawabannya.

Dari link itu, saya klik dan memang tidak menemukan nama Kota Kupang terdaftar sebagai kota tersedia layanan jaringan Smartfren.
Jadi, kesimpulannya untuk para pemakai dan pencinta jaringan Smartfren, milikilah kartu Telkomsel dan atau kartu Indosat ketika berada di wilayah Kota Kupang. Dan mari berharap, semoga layanan Smartfren segera hadir di Kota Kupang ya~

UPDATE APRIL 2023
Menjelang Liburan Ramadhan 2023, postingan jangkauan jaringan smartfren ini jadi ramai lagi. Syaa kahirnya penasaran untuk kembali mengecek, apakah jaringan smartfren sudah ada di kota Kupang, dan hasilnya..
Dengan mengunjungi laman smartfren serta beberapa kali mengubah titik area di beberapa pulau berbeda di prov.NTT, saya tetap mendapatkan hasil yang sama yaitu:
"Yah... Sayang sekali jaringan smartfren BELUM ADA di area kamu (NTT)."