Jumat, Februari 14, 2020

Dakwah dengan logika #RandomThought

;

Kalau mau berdakwah, berdakwahlah dengan benar. Berdakwahlah dengan logika yang baik.

Engkau menyerukan suatu kelompok untuk berhijrah menggunakan produk kebutuhan harian rumah tangga halal buatan kaum muslim, menyuruh mereka meninggalkan produk buatan non-muslim yang telah bertahun-tahun mereka pakai, sementara kelompok yang kau serukan itu, malam harinya mereka bersusah payah memikirkan apakah dapur mereka akan mengepulkan asap esok hari. Sedangkan produk yang kau suruh beli itu harganya bisa membeli beberapa kilo beras untuk mengisi perut beberapa kepala dalam satu rumah. Mengisi. Sekedar mengisi untuk memberi kekuatan. Bukan untuk mengenyangkan.

Selasa, Januari 21, 2020

Dia ada, sangat dekat

;


Mungkin saya terlihat seperti kebingungan, linglung, atau apalah. Bolak-balik keluar masjid, berjalan keliling teras, masuk lagi.  

Do'a yang kuat

;

Sabtu, Januari 18, 2020

[Review] Tinkerbell and The Legend of Never Beast 2015

;
By Source, Fair use, https://en.wikipedia.org/w/index.php?curid=49491059


Tinker Bell and the Legend of the Never Beast is a computer animated film series produced by DisneyToon Studios as part of Disney Fairies franchise. It was released in cinemas in selected markets  in December 2014, and was released direct-to-video in the United States on March 3rd, 2015. The film was directed by Steve Loter and produced by Makul Wigert. Composer Joel McNeely returned to the film. Mae Whitman, Lucy Liu, Raven-Symoné, Megan Hilty, Pamela Adlon and Anjelica Huston reprise their roles of Tinker Bell, Silvermist, Iridessa, Rosetta, Vidia and Queen Clarion. Ginnifer Goodwin replaces Angela Bartys as the voice of Fawn in this film. Then, Rosario Dawson joins the cast as a new character, Nyx (Disney Fairies, 5).
However, this is a seventh sequels from four previous films that has been released since 2008. Each of the first four films is set around one of the four seasons such as  Tinker Bell around Spring, Tinker Bell and the Lost Treasure around Autumn, Tinker Bell and the Great Fairy Rescue around Summer, and Secret of the Wings around Winter. A fifth title, Pixie Hollow Games, was supposed to be based on all four seasons, but it was released before Secret of the Wings and scaled down. A sixth film, titled The Pirate Fairy, was released on April 1st, 2014. The Tinker Bell and the Legend of the NeverBeast’s series is a spin-off of and prequel to Peter Pan and its sequel, Return to Never Land  (Fairfax Media, 6).

Senin, Desember 23, 2019

A roller coaster of life in Life of Pi - Novel Review

;

Life of Pi is not a typical book you would easily find in a bookstore. It is, in the deepest sense, a book about life. This book exposes the journey of a young Indian boy named Pi Patel who survives from a tragic sunken ship and struggling to stay alive in a boat with a Bengal tiger.

At a glance, this book is dominated with a journey that seems impossible for a normal people to encounter with. However, if you look closely, you would find that every scene and every event in this book is just an alteration of our daily life. Yann Martel, the author, gives Life of Pi a touch of magic to make even the most mundane thing in life transformed into something spectacular. This book is filled to the brim with fascinating plot line and captivating words. Martel has certainly deserved receiving The Man Booker Award 2002.
Life of Pi [cover]

Minggu, Desember 22, 2019

Catatan akhir tahun 2019 - 1

;


2019 mungkin memang jadi tahun penuh wacana 
Tapi semoga dari sana kubelajar berbenah 
Merubah sikap jadi lebih bijaksana 
Untuk siap tempur dalam segala arena

Minggu, Desember 15, 2019

Sharing pengalaman berlayar dengan Kapal PELNI

;
Pengalaman berlayar lima hari dengan KM. AWU Surabaya-Kalabahi


Hai... Mau sedikit berbagi pengalaman nih. Tentang gimana aku menghabiskan lima hari pelayarn dari Surabaya sampai ke Kabupaten Alor Nusa Tenggara Timur.


Jadi ceritanya setelah sejak SMP hingga kuliah merantau ke tanah Jawa dan bolak-balik mudik ke Nusa Tenggara Timur hanya melalui jalur udara, bulan November 2019 lalu, saya akhirnya bisa mencicipi perjalanan laut yang selama ini selalu kurencanakan tapi gagal terus.


Penasaran sekali tentang perjalanan menggunakan kapalnya sih tidak. Karena bolak-balik Alor ke Kupang selalu melalui laut yang paling lama ditempuh dalam 12 jam. Saya hanya penasaran bagaimana rasanya selama hampir satu minggu berada dalam kapal, lalu sekalian hitung-hitung bisa singgah ke Bali dan NTB. Kan lumayan tuh bisa diceritain saya sudah pernah ke NTB, kesini kesana, padahal mah Cuma singgah di pelabuhannya aja. Hihihii.


Jadi perjalanan laut ini dimulai dari pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Dari sini saya ingin menceritakan beberapa poin yang menurut saya perlu diceritakan. Siapa tau ada yang belum tau atau sedang mencari infonya.


Depan KM. AWU saat berhenti di pelabuhan Bima

Jumat, Desember 13, 2019

Alasan Pengalihan Bahasa/Pencampuran Bahasa oleh Mahasiswa Jurusan Bahasa Inggris di Indonesia

;

(Gaya penggunaan bahasa oleh Bilingualisme dan Multilingualisme Mahasiswa Jurusan Bahasa Inggris di Indonesia)



Ummu Imroatus Sholihah, Oktober 2017

(Latar Belakang)
Bahasa adalah hal penting dalam hidup untuk mengekspresikan pikiran kita. Setiap orang memiliki gaya komunikasi yang berbeda sesuai dengan tujuan yang ingin mereka dapatkan dalam menghasilkan bahasa yang biasanya mengikuti dialek latar belakang yang dimiliki seseorang. Sebagian besar orang berbicara dengan bahasa atau dialek tertentu dari bahasa ibu mereka. Karena orang tahu lebih banyak tentang bahasa lain, penggunaan bahasa dan dialek tidak pernah konstan. Kebanyakan orang cenderung mengubah bahasa dan atau dialek ketika mereka berbicara sesuai dengan saat mereka berada. Inilah saatnya disebut dengan alih bahasa dan atau pencampuran bahasa.

Ayeomoni (2006) menulis pencampuran bahasa sebagai penyatuan berbagai unit linguistik seperti imbuhan (morfem terikat), kata-kata (morfem tak terikat), frasa dan klausa dari kegiatan koperasi di mana Peserta, untuk menyimpulkan apa yang dimaksud, harus merekonsiliasi apa yang mereka dengar dengan apa yang mereka pahami. Sedangkan alih kode Menurut Sobahle (1988), beralih mendefinisikan sebagai berikut:
Hymes (1977) mendefinisikannya sebagai perubahan dari satu variasi bahasa ke bahasa lain ketika situasi menuntut. Gumperz menyebutnya sebagai perubahan dalam bahasa dalam satu acara pidato (Gumperz, 1976). McClure mengatakan itu adalah pergantian bahasa pada tingkat batas-batas konstituen utama ..... (hal.5)

Kamis, Desember 12, 2019

Lesson plan - learning family vocabularies

;
Lesson Plan
Class   : 6 of elementary school
Age      : 12
Students average characteristics:
1.    Growing their vocabulary quickly.
2.    Have access to reading skill.
3.    Having the ability to understand and explain more complicated thoughts.
4.    Having increased attention span.
5.    Still liking to have fun and play games

This lesson plan is made by considering the students’ ability and characteristic based on their environment and age. The skill that being focused on are listening and speaking, while the reading skill is about to begin, so this skill still in empowerment but not necessary being emphasized on. 

Rabu, Desember 11, 2019

Akun Quora diblokir – Profil tidak sesuai

;

Bulan lalu, saya dapat notifikasi bahwa akun quora saya dibokir, tepat ketika saya memposting jawaban saya terhadap suatu pertanyaan berbunyi “Bagaimana cara anda mendatangkan traffic ke blog atau website?”.
Kalau kalian berlangganan quora, kalian pasti tau bahwa dalam inbox email, selalu ada pertanyaan yang disarankan untuk mungkin bisa dijawab oleh kita. Dan itu adalah pertama kalinya saya berkesempatan menjawab segala macam rekomendasi pertanyaan yang masuk. Selama ini hanya sekrol-sekrol baca pertanyaan dan jawaban orang lain yang muncul diberanda. Tanpa ba bi bi memperhatikan persyaratan dan prosedur menjawab, saya langsung mengisi asal-asalan formulir yang diminta lalu mengetikkan jawaban saya dan mempostingnya. Hari itu semua baik-baik saja.
Esoknya ketika notifikasi masuk di email bahwa si penanya telah menerima jawaban saya, saya akhirnya jadi buka quora lagi, lalu kembali gatal ingin menjawab rekomendasi pertanyaan yang masuk.
Tapi…
Lah da lah. Kok gak bisa ya? Mau ngeklik jawab itu loh kayak forbidden gitu. Gak muncul. 
I wasn't allowed to write an answer to a question