Bikin brownies kukus 5 bahan #AnakKos

Hallo, Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh, semua!

Sebelum memulai menulis postingan ini, izinkan saya sedikit bercerita bahwa saya orang yang sangat tak pandai masak. Makanya sekali kalau masak agak beda dari sekedar nasi, tumis sayur dan goreng tempe, berasa sudah melakukan sebuah perubahan besar. Hahahahaa!

Oke. Udah pada bisa nebak lah ya, dari judul, thumbnail dan juga intro dari post ini.
Yup, kali ini jiwa gak tau masak tapi pengen nyobain saye tiba-tiba hadir lagi kemarin, gegara liat empat bungkus minuman Chocolatos nagkring di lemari makanan.
Dan juga karena saya pernah eksperimen kukus adonan terigu campur gula-garam tok, dalam reskuker yang hasilnya enak sekali karna kelaparan tengah malam gak ada beras... Kali ini saya jadi pengen nambahin bahan-bahan lain yang ada di lemari.

Lalu, aduk sana, aduk sini. Kukus. Alhamdulillaah jadi dan ueeeenaaak sekaliii, meski setengah gagal karna sekali lagi seperti eksperimen dalam reskuker sebelumnya, saya tidak pakai baking soda sehingga adonan tidak mengembang. Ini penampakannya.


OK. 
Apa saja bahannya?
1. 2 bungkus minuman Chocolatos warna cokelat.
2. 5 sendok air panas
3. 2 butir telur ayam.
4. 5 sendok makan terigu protein sedang. Saya pakai kompas.
5. 5 sendok gula pasir. Saya pakai yang kasar.
6. 5 sendok minyak goreng terserah merek apa saja. Tapi saya bukan pakai yang kelapa sawit.

Eh ternyata tidak 5 ya. Ya, maksud saye tadi, 5 bahan tapi airnya gampang di cari. Gitu, heheheh.

Next.
Alat-alat yang dibutuhkan?
1. Bokor alias mangkuk sedang, 1 buah saja.
2. Bokor alias mangkus agak besar, 2 buah
3. Sendok makan 2 buah.
4. Panci plus tatakan kukus dan tutupnya.
5. Serbet bersih satu buah. Atau pakai kain bersih lainnya juga bisa banget.


Langkah-langkahnya...
1. Tuang 2 bungkus Chocolatos ke mangkuk kecil
2. Tuang 5 sendok air panas ke mangkuk kecil yang tadi sudah ada Chocolatosnya.
3. Aduk rata pakai sendok. (Kalau ada pengocok telur lebih bagus. Saya hanya pakai sendok. Belum beli pengocok)
4. Pecahkan dan tuang isi 2 butir telur ayam ke dalam mangkuk yang lebih besar. 
5. Masukkan 5 sendok gula pasir ke mangkuk berisi telur tadi.
6. Aduk sampai rata dengan sendok. (Pakai pengocok telur lebih baik. Saya pakai sendok makan lagi saja.)
7. Masukkan 5 sendok terigu protein sedang ke campuran telur dan gula tadi. 
8. Aduk rata. (Sekali lagi, pengocok telur is the best tapi saya pakai sendok makan sajee..)
9. Panaskan air dalam panci yang sudah disiapkan dengan tatakan kukusnya.
10. Bungkus tutupan panci dengan kain serbet untuk menghindari tumpahan uap air saat adonan masuk ke panci.

Begini penampakannya di dapur saya yang masih pakai kompor minyak tanah :)


9. Next, tuang adonan Chocolatos ke dalam adonan telur+gula+terigu
10. Tambahkan 5 sendok makan minyak goreng
11. Aduk sampai rata dengan sendok makan (Olahraga tangan ya kitee 😁)

12. Nah untuk poin 12 ini, pilihan sih. Baking soda itu ternyata magic dan bikin penampakan kue jadi indah. So, kalau punya, silahkan tambahkan 6 sendok dan aduk rata ya. Kalau saya sih... tidak pakai BS pas buat eksperimen ini. Karena memang tidak punya. :") Makanya penampakan kue bagian atasnya grendal-grendul πŸ˜‚

13. Oles minyak tipis-tipis ke bagian dalam mangkuk ke 3 untuk mengukus adonan. Saya tidak oles sih. Alhamdulillaaah adonan tidak lengket di mangkuk dan gampang dipindahkan.

14. Tuang adonan ke mangkuk ke tiga yang dipersiapkan untuk dimasukkan ke panci kukusan.
15. Kukus hingga matang. Biar tau sudah matang atau belum, tusukkan garpu ke adonan setelah beberapa menit. Kalau tidak ada adonan menempel saat garpu dicabut, artinya adonan audah matang
15. Kuenya siap dimakan. :))


Dibalik cantiknya bagian dasar adonan ini, ada grendal-grendul tak terlihat di baliknya. Ini diaa

Rasanya? Tueteeeep Alhamdulillaaah ueeennnaak!!

Sekiaan postingan kali ini😊😊
Salam!

Batakte, 21 Februari 2021