Membuat huruf dari tulisan tangan sendiri di hp


Sekian lama saya mencari-cari cara ini agar bisa mengedit foto ala-ala Quotes ataupun untuk thumbnail blog saya seperti contoh gambar diatas tapi dengan tampilan huruf yang merupakan hasil tulisan tangan saya sendiri. Maklumlah, saya bukan orang dengan kemampuan super macam teman saya, Ulinnuha, yang meskipun hp nya hanyalah Samsung, dia sudah bisa menorehkan coretan dengan hasil tulisan yang mirip tulisannya ketika menggunakan pulpen di dunia nyata. Ditambah hp saya bukan lah hp dengan spek bagus yang punya stylus pen-nya sendiri, ataupun bukan hp dengan layar lebar yang bisa mendukung kemampuan terbatas saya untuk menulis kalimat dengan jari saya yang tidak stabil. Maka Alhamdulillah, setelah saya menemukan cara yang pas, saya ingin sharing di blog Ummu’s Pages ini.
Langsung saja:
Pertama-tama yaitu teman-teman sekalian harus punya hp dulu, hp android/iOs tentunya, dan juga dalam hp teman-teman sudah ada aplikasi PicsArt (bisa didownload gratis di Play Store)
Menuju ke langkah-langkahnya:
1.      Kunjungi website www.calligraphr.com dan cari tulisan GET STARTED FOR FREE
2.      Cari nomor 1. Fill out the template dan klik tulisan PNG berwarna ungu dibawahnya
3.      Teman-teman akan diarahkan ke tab baru yang menampilkan gambar template kotak-kota dengan tulisan abjad. Download gambar tersebut.
4.      Setelah tersimpan, buka gambar template yang telah  di-download tadi melalui aplikasi PicsArt (Sebenarnya bisa pakai aplikasi apa saja selain picsArt, yang mendukung fitur kuas dan penyimpanan file gambar/foto tipe PNG seperti ibis paint x misalnya)
5.      Setelah masuk ke aplikasi picsArt, cari fitur draw.
6.      Tentukan kuas yang ingin teman-teman pakai untuk menuliskan huruf dan atur ketebalan kuas.
7.      Zoom in (Perbesar) gambar untuk memudahkan teman-teman menulis huruf perhuruf diatas template pada kotak-kotak yang sudah tersedia.
8.      Klik tiga titik pada pojok kanan atas unutk menyimpan hasil tulisan teman-temam.
9.      Selanjutnya kembali ke website www.calligraphr.com
10.  Cari nomor 2. Upload the template dan klik tulisan browse untuk mengupload gambar hasil tulisan teman-teman tadi.
11.  Setelah gambar di upload, klik GENERATE FONT
12.  Akan muncul hasil tampilan huruf kita pada sebuah kotak
13.  Gulir ke bawah dan cari tulisan; Download font
14.  Cari tulisan berwarna ungu Calligraph.ttf dan calligraphy.otf dan klik, hasil tulisan teman-teman telah terunduh
15.  Pergi ke aplikasi file manager di hp teman-teman, lalu buka folder download dan cari file Calligraphr.ttf dan Calligraphr.otf.
16.  Klik file calligraphr.otf akan muncul pilihan aplikasi mengedit tulisan diatas foto-yang teman-teman punya, klik aplikasi yang teman-teman ingin gunakan unutk menginstal hurufnya
17.  Buka aplikasi yang telah diinstal huruf baru, lalu mulailah mengedit, edit dengan pilihan huruf menggunakan hasil tulisan tangan kita pada fitur “My Font” (Kalau teman-teman mengedit tulisan diatas foto menggunakan aplikasi picsArt, maka pilihan fitur “My Font” atau “Huruf saya” ada pada tombol anak panah dalam lingkaran diatas fitur fon pada fitur “Text: atau “Teks”
Untuk melihat demonstrasinya, bisa tonton video yang sudah saya buat di bawah ini.