[Cerita] Postingan 1000 Tayangan Pertama, Yeay!


Tadinya gak niat buat postingan di blog. Rencananya mau posting nanti-nanti saja. Tapi.... Ternyata, ada yang bikin saya pengen tulis postingan gak jelas lagi di blog ini. 
Kali ini saya mau merekam jejak dari sebuah rasa senang saja. 
Ya… Maklum ya, ini pertama kalinya untuk orang seperti saya yang tadinya nulis di blog untuk curhat-curhat gak jelas dan posting puisi ala-ala, lalu beralih ke posting tugas kuliah, daaan akhirnya macam-macam.

#

Jadi bulan April kemarin, saya secara random mengklik statistik postingan di blog ini dan cukup kaget melihat jumlah tayangan beberapa postingan. Wah, gini ya ternyata kalau bahas hal-hal yang berkaitan dengan sesuatu yang sedang cukup trendy. Dan saya jadi gemes ngeliatnya. Mereka seperti sedang berlomba-lomba, untuk jadi sang juara pertama dengan gelar "postingan pertama dengan seribu penayangan ala Ummu’s Pages".



Tengah malam sebelum April 2019 berakhir, saya tidak bisa tidur dan akhirnya memutuskan buka blog. Dan betapa senangnya melihat postingan berjudul [Pengisi Suara] Nussa dan Rarra: Animasi Web Series Edutainment Islami  akhirnya mencapai 1000 penayangan! Wuhuuuuu!


Tatap layar smartphone,

Sedetik, dua detik

Nulis ah... Lumayan biar ada postingan baru di blog, meski hanya bacotan isi pikiran tak jelas dan yang tidak menarik minat pembaca.😅
#


Postingan Nussa & Rarra ini kandidat kuat kedua, tapi sangat saya harapkan untuk jadi sang juara dengan alasan.... eum apa ya... Gak tau, pengen aja dia jadi yang pertama. 

Dan Alhamdulillah terwujud, hehehe. Seneng dong ya ampun. For the first time in forever gitu.

Apalagi postingan ini punya kisah posisi di Google yang cukup membuat orang seperti saya, yang tidak tau apa-apa tentang posisi-posisi-an itu, heran.



Kenapa emang?



Begini.


Saat itu, empat hari setelah rilis trailer NUSSA dan pre-launchingnya, saya iseng-iseng tulis tentang animasi itu.


Sehari kemudian, saya tidak sengaja menekan kembali ke draft setelah mengedit beberapa kalimat yang saya salah tulis. 
Setelah publish ulang, saya cari keywordnya di google. 
Baru ada sekitar 3 atau 4 artikel yang ngomongin tentang pengisi suara Nussa ini dan yang paling saya ingat adalah milik kangibay.

Nah. Ada hal baru bagi saya yang saya lihat di bawah  kotak pencarian Google, tampilannya seperti ini.


Karena gak tau itu maksudnya apa, saya coba screenshot saja untuk cari tau nanti-nanti.
#

Sekitar satu minggu kemudian, saya teringat tentang screenshot itu dan ingin mencari tau maksudnya di Google. Tapi karena saya terlalu banyak screenshot hal lain, tenggelamlah hasil screenshot di atas. Maka saya buka browser untuk cari keyword ulang biar lebih gampang. Tapi kemudian saya menyadari ada perubahan angka.



Dari situ saya baru membaca keterangan yang tertera dan baru menyadari  kalau itu maksudnya adalah urutan postingan saya di hasil pencarian Google. Heheh. Dan ternyata urutan postingan saya makin turun ke bawah. Kalah dengan website-website lain yang lebih luar biasa, apalagi tribun dan  lain-lainnya... 😁

6



Sebulan kemudian, iseng nyari lagi, makin kebawah, dan akhirnya tenggelam, lalu menghilang.


"Makanya buat tulisan yang berbobot Mu! jangan pakai yang gratisan dan belajar tu SEO atau apalah itu.” Begitu kata seorang teman. 
#

Aku mah apa atuh, niatnya cuma mau nulis-nulis aja, tapi karena iseng liat keyword malah jadi baper ngerasa kasian ama diri sendiri dan blog yang kecil dengan domain gratisan ini. Hahaha. 

OK, tobat. Gak mau lihat keyword yang ada hubungannya sama judul blogku lagi. Kecuali kalau memang harus.



Dan...Semoga suatu saat saya bisa belajar SEO dan pakai domain sendiri.
Edit: Wah... Senangnya... Postingan ini dikunjungi oleh beberapa blogger senior plus plus yang meninggalkan komentar berisi saran dan pengetahuan baru bagi saya. Terimakasih para suhu semuanyaaa🙏