[Pengisi Suara] Nussa dan Rarra: Animasi Web Series Edutainment Islami

;

14 November 2018

Sebelumnya, mari kita throwback dulu ke awal bagaimana Animasi Nussa dikenalkan pada khalayak, dan tentunya ini adalah awal saya "mengenal" animasi Nussa. Hehehe

Beberapa hari yang lalu; yaitu 9 November 2018, sebuah video berdurasi satu menit yang di posting oleh @shifrunn, muncul di feeds instagram saya. Thumbnail covernya lucu dan isi caption videonya seperti ini:



Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Namaku Nussa dan ini adikku Rarra. Ayah dan bunda, Insya Allah Nussa akan tayang di YouTube seminggu lagi loh.....(dst)


Screenshot dari Instagram @shifrunn
https://www.instagram.com/p/Bp7s3bKBYKw/


"Wah, video lucu nih" batin saya

Saya selalu merasa tertarik dengan video-video yang diposting akun @shifrunn ini  
(yaiya atuh Mu.. makanya kamu follow, jadi muncul deh postingannya di beranda instagram). Nah, video yang satu ini juga tak kalah menariknya!

Video ini adalah teaser trailer dari serial film animasi islami berjudul Nussa yang InsyaaAllah episode pertamanya akan tayang pada 20 November 2018. Isi videonya adalah animasi seorang anak laki-laki lengkap dengan kopiahnya , sedang merekam perkenalan dirinya didepan kamera bersama adiknya.

Dalam hitungan 6 detik di awal video itu, saya langsung suka sekali dengan karakter animasi nya Nussa ini. Ditambah dengan kemunculan Rarra, saya jadi semakin suka. Animasinya baguus sekali, lucu. Aluss pisan pokoknya! Dan saya berharap juga semoga konten dalam video-video berikutnya akan memuat manfaat untuk adik-adik kita.

Setelah nonton videonya sampai habis dan membaca captionnya, langsung tuh saya follow akun instagram @nussaofficial yang juga ternyata sudah merilis channel YouTube Nussa Official. Saya auto subscribe deh... Hehee. 
Eh, 3 hari kemudian, Alhamdulillah videonya trending di YouTube Indonesia. :’) Channel YouTubenya sendiri baru dibuat pada 25 Oktober 2018, dan sudah memiliki 118.719 subscriber terhitung tanggal 14 November 2018 Pukul 3:44 AM WIB. Ajiiiibb

Tapi agak gimana gitu... sedih sih, soalnya cuma dalam hitungan jam itu juga, langsung banyak akun-akun palsu baik di Instagram maupun YouTube yang mengatasnamakan animasi Nussa Rara. Jadinya banyak netizen yang bingung.
Tapi tenang aja... InsyaaAllah yang saya tautkan dalam artikel ini, adalah asli Official akun dari pihak-pihak yang terkait dengan animasi Nussa dan Rarra.

Nah dalam komentar di instagram maupun YouTube, banyak sekali yang bertanya, "Ini animasi bikinan Indonesia atau Malaysia?" 

Penasaran deh saya kenapa yang banyak bertanya gitu. Hihi. Kenapa ya?
Alhamdulillah dari akun instagram Nussa Edutainment Series sendiri langsung menjawab lewat snapgramnya (sayangnya saya lupa screenshot sebagai barang bukti) bahwa animasi Nussa ini bikinan anak IndonesiaMaasyaaAllaah! Mantap tuh ya... 

Siapa sih orang-orang dibalik layar animasi Nussa Rara?
Ternyata...
Web series Nussa diproduksi oleh The Little Giantz (TLG)perusahaan studio animasi Indonesia bertaraf InternasionalTLG sudah berdiri sejak 2016. Tim produksi Nussa juga berasal dari rumah produksi 4 Stripe Productions (yang sebenarnya asal mulanya berinduk ke TLG juga) dan tim-tim tim lainnya; yang juga termasuk didalamnya; ustadz @felixsiauw.







Pada 11 November 2018, tim produksi menggelar acara pre launching di Hall B JCC Senayan, Jakarta berbarengan dengan Hijrah Fest 2018. Respon dari audiens ternyata luar biasa! lalu tim produksi juga menandatangani kerjasama dengan PT. Taman Impian Jaya Ancol untuk proyek Kampung Nussa. Wah... Bakalan kayak apa tuh ya?

Dalam pre launching itu juga, pemeran atau pengisi suara Nussa dan Rarra juga diperkenalkan. Siapa mereka? 

Mereka adalah Muzakki dan Ocean
Karakter Nussa diisi oleh Muzakki Ramdhan dan karakter Rarra diisi oleh Aysha Ocean Fajar

Nah, dibawah ini adalah postingan foto dari akun instagram Muzakki saat pre-launching:






MaasyaaAllah, imut-imut ya. Beberapa dari pembaca mungkin sudah ada yang tau nih siapa itu Muzakki Ramdahan. Dia sering bermain dalam beberapa film yang cukup terkenal; salah satunya yaitu The Returning
Kalau Ocean..... hemm namanya unik, saya baru tahu tentang adik imut yang lahir di Dubai ini. Semoga mereka selalu sehat supaya bisa terus membawa manfaat sebagai Nussa dan Rarra dan sebagai diri mereka sendiri.


Kembali ke Animasi Nussa Rarra.

Dalam salah satu postingan foto perkenalan yang ada di akun instagram Nussa Official, Nussa adalah seorang anak penyandang disabilitas (Belum tayang, saya udah sedih). Postingan itu dibanjiri komentar simpati. Saya sudah penasaran sama jalan ceritanya, InsyaaAllah semoga ada hikmah dan bisa jadi inspirasi.




Sumber: Nussa Official


Eh…. Nama karakternya kan Nussa dan Rarra, terus ada juga karakter kucing kesayangan Rara yang namanya Antta. Kalau nama mereka bertiga digabungin, bunyinya mirip tuh kayak kata Nusantara! Semoga karya-karya kontennya bisa meNusaNtaRa bahkan mendunia! Aaaamiin.

Meskipun judulnya untuk anak-anak, tapi orang dewasa juga suka nonton seri animasi sih... termasuk saya. Hehe. Saya senang sekali.... dan siap mengikuti episode cerita Nussa dan Rara!
😊 

Yang belum tonton, bisa nonton teaser trailernya dulu nih... Klik ikon pada layar video dibawah iniπŸ‘‡ #nussabisa





Oh iya, untuk informasi tambahan setelah per-kepo-an saya. TLG ternyata buka kursus kelas animasi loh! Buruan cari tau di akun instagram dan web TLGbiar bisa sama-sama mewujudkan tema TLG; 'Sinergi Membangun Industri Animasi Indonesia'.

😊
😊😊 Hi, Terimakasih sudah berkunjung! Silahkan tinggalkan komentar menggunakan kolom komentar pilihan anda di bawah ini😊😊

9 comments:

  1. Saya kadang2 suka juga nonton animasi anak, sekedar nemenin dan ngasih pemahaman sama anak2.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah pak... Sebagai orang yang lebih tua, kita punya tanggung jawab untuk memberikan pemahaman kepada mereka.

      Delete
  2. Kayaknya wajib nonton ini filem animasi! Makasih Ummu informasinya hehehe.

    ReplyDelete
  3. Suatu kebanggaan Indonesia punya animasi keren dan alus pisan. Wajib nonton dan share ke anak - anak agar perlahan move on ke animasi dalam negri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipsip. Mencintai animasi dalam negri.
      Tapi tetap nonton animasi luar juga sih :" hehe

      Delete
  4. ini animasi yang bagus buat tontonan anak-anak.... biar di youtube gak nonton yang bukan untuk mereka

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan menggunakan bahasa yang baik ya 😊 Kalau tidak menggunakan akun Google, pilih untuk memasukkan nama kalian atau bisa juga sebagai anonim. Thanks.... 😊