Cara Menonaktifkan Unduh Otomatis di WA - Hemat Memori dan Kuota Internet

;

Hey! Merasa kesal karena memori cepat penuh akibat foto dan Video yang dikirim di WhatsApp?
Atau Kesal karena kuota internet cepat habis akibat foto dan Video yang dikirim di WhatsApp?
Tenang! Ada solusinya! 
(Duh berasa lagi ngiklan di tipiπŸ˜…)

Sebenarnya tadi postingan ini mau saya kasih judul:

Cara Hemat Memori Hp dan Kuota Internet yang Habis karena Kiriman Foto dan Video dari WhatsApp

Tapi ribet dan kepanjangan. (info gak penting, skip) 

Tujuan dari postingan ini adalah memberi informasi kepada para pengguna WhatsApp, wa bil khusus orang-orang yang ada dalam beberapa WA-grup yang saya ikut, yang selalu komplain dan mengeluh
“Kartu memori penuh! Jangan sering kirim foto atau video dong!”
Atau
“Kuota Internet sekarat nih! Jangan kebanyakan kirim foto atau Video lah!”,
Keluhan yang muncul ketika ada anggota grup yang mengirim foto atau Video yang dirasa kurang penting untuknya.

Pastinya cara dalam postingan ini bisa ditemukan di berbagai situs di internet, tapi biar saya merasa puas, saya tetap ingin memosting tentang ini. Hehe.
**

Sebenarnya tidak perlu merasa kesal. Karena tim WhatsApp Inc. sudah jauh-jauh hari memikirkan tentang ini dan sudah menyediakan fitur untuk mengurangi penggunaan kartu memori oleh aplikasi bernama WhatsApp ini.

Jadi, kita bisa mengatur apakah foto, audio, video, dan dokumen yang dikirim oleh orang ke kita tidak langsung tersimpan otomatis sehingga memenuhi memori hp/kartu memori hp kita.
Pertama, kita harus tau dulu dong tentang fitur penggunaan data dan penyimpanan WhatsApp ini.
Fitur ini disediakan oleh WhatsApp untuk mengatur penggunaan WhatsApp terhadap memori hp/kartu memori hp kita. Jadi kita bisa mengatur sesuai keinginan kita untuk:

a. Mengunduh otomatis semua foto, audio, video dan dokumen yang dikirimkan ke kita
b. Hanya mengunduh foto saja, atau audio saja/video saja/dokumen saja
c. Tidak mengunduh otomatis semua foto, audio, video dan dokumen yang dikrimkan ke kita


OK, langsung aja ke praktek.



1. Silahkan teman-teman buka tampilan WhatsApp

2. Sentuh tiga titik di pojok kanan atas



3. Akan muncul tampilan gambar ini, maka pilih setelan.



4. Pilih Penggunaan data dan penyimpanan



5. Muncul tampilan ini. Sekarang, pilih “Saat Menggunakan Data Seluler”



Taraaaaa! Ini dia alasan memori hp dan kuota internet cepat habis. (Yang pakai kuota unlimited mah bebas! Heheee!)
Silahkan perhatikan gambar dibawah ini. Semua foto, audio, video dan dokumen tercentang hijau saat menggunakan data seluler kan? Itu tuh penyebabnya.



6. Sekarang, biar gak kesal-kesal sendiri lagi, silahkan sentuh semua centang hijau itu, supaya tidak ada media yang ter-unduh secara otomatis lagi, seperti pada gambar dibawah ini. Jangan lupa klik OK untuk menyimpan pengaturan.



Kalau misal teman-teman hanya ingin menonaktikan unduh video saja, berarti sentuh centang hijau di video saja.

Sudah klik OK? 
Sekarang sudah nonaktif deh unduh otomatisnya. 
Oh iya! Penonaktifan ini tidak berlaku untuk pesan suara ya. Karena mungkin pihak WhatsApp menganggap pesan suara adalah hal yang sama seperti pesan teks. Dulu sih pernah bisa dinonaktifkan, sekarang udah enggak, saya lupa sejak kapan Tim WhatsApp  Inc. menerapkannya.

Nah, cara Ini juga bisa diaplikasikan ke pengaturan penggunaan “Saat terhubung ke Wi-Fi” dengan memilih media seperti pada penggunaan data seluler.



Akibat dari penonaktifan ini. Sekarang, kalau ada foto, audio, video, ataupun dokumen yang masuk ke teman-teman tidak akan terunduh secara otomatis, jadi teman-teman harus atau bisa mengunduh sendiri foto atau video mana yang ingin dilihat teman, teman ya, baik itu dalam obrolan grup ataupun pribadi.



Gampang kan? Semoga bermanfaat!


2 comments:

  1. Ini penting banget loh buat yang punya anak, saya sering banget ingatin pak suami biar matikan download otomatis di WAnya, soalnya di grup WA nya seringnya temen2nya kirim gambar bahkan video yang aneh2, ckckckc

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah... Bener juga tuh ya...
      Anak juga jadi faktor penting menonaktifkan auto donlot.

      Delete

Silahkan berkomentar dengan menggunakan bahasa yang baik ya 😊 Kalau tidak menggunakan akun Google, pilih untuk memasukkan nama kalian agar saya bisa kenal. Thanks.... 😊