4 Destinasi Wisata + 4 Tempat Makan Asyik Malang/Batu


Kota Malang (Jawa Timur, Indonesia) dikenal sebagai salah satu kota dengan banyak tempat wisata menarik yang banyak di minati oleh orang-orang. Nah, ada banyaak sekali tempat wisata di Malang yang selalu ramai dipadati baik ketika liburan ataupun tidak. Pada postingan kali ini saya mau menulis review singkat tentang beberapa tempat wisata yang pernah saya kunjungi saat liburan ke Malang.
Oh iya, saya nulis disini, satu wahana wisata, terus tempat makan gitu ya… Kayak paketan gituu…. Biar bisa bikin mata hati dan perut lega. Hehe

Jatim (Jawa Timur) Park I


Tempat pertama yang saya rekomendasikan ialah Jatim Park? Kenapa? Beberapa teman saya bilang Jatim Park adalah tempat wajib yang harus dikunjungi kalau berlibur ke Malang/Batu. Duileh…. Tapi memang Jatim Park 1 ini seakan-akan menjadi ikon kota Malang/Batu yang menyediakan wahana-wahana seru dan memacu adrenalin, sehingga menjadi tempat yang sangat diminati orang-orang ketika hari libur. Ada juga berbagai macam spot-spot permainan yang suerrrruu abis! Ada car racing, bom-bom car, kereta naga, tornado swing, dll. Jatim Park ini semacam Dufannya Malang/Batu deh….


swing~~~
Saran saya, kalau mau kesini, sekalian dari jam 8 yaaa… dan kalau bisa jangan weekend (Sabtu-Minggu) biar bisa menikmati lebih banyak wahana, kalau siang, soalnya antri nya super bangeet. :’)
Ada banyak wahana museum juga buat belajar. Museum Pahlawan dan perjuangan, Museum Budaya Indonesia, dan Museum Bagong. Museum Bagong ini, museum pertama di Asia Tenggara yang isinya membahas organ-organ dalam tubuh kita secara mendalam, tentang enzim-enzimnya, penyakit-peyakitnya, dll mulai dari kepala sampai kaki. Disana kita bisa mengetes darah untuk tau golongan darah kita, timbang dan ukur badan juga tes mata!

Untuk lebih detailnya, nanti saya akan tulis di artikel lainnya.


Wisata Warung Wareg

Gazebo tempat makan yang mengelilingi kolam ikan

Habis main-main di Jatim Park, pasti lapar kan? Ini nih ada tempat makan yang menyediakan masakan khas Indonesia yang enak, halal juga nyaman. Letaknya di Jalan Raya Dieng No.9, Sidomulyo, Batu. Disini kita bisa memilih tempat makan dengan meja plus kursi atau mau lesehan. Pemandangan yang disuguhkan juga bagus. Ada kolam-kolam tempat ikan-ikan diternak. Jadi bisa tuh kita mesen ikan segar yang baru ditangkap dari kolam.

Sekedar informasi aja nih, harga disini lumayan menguras kantong untuk kondisi saya yang saat itu sebagai mahasiswa yang cuman mau jalan-jalan santai dan tidak bawa banyak duit. Hehe. Tapi sekali lagi, rasa masakannyaaa… Top markotop! 👍👍👍😊









Museum Angkut


Museum Angkut? Pertama kali mendengar namanya, yang terbayang dalam benak saya adalah mueum yang didesain tersangkut dengan bulldozer. Loh? Hahahaaa. Tapi ternyata… Jeng jeng jeeeeng…




Museum angkut adalah museum yang didirikan sebagai tempat dikoleksinya transportasi-transportasi
Akses transportasi ke museum ini cukup mudah karena ia terletak dekat dengan keramaian kota Batu.

De Stadion Bakso dan Cuimie
Sehabis dari Museum angkut atau misal dari alun-alun kota Batu? bisa nih mampir kesini.
Halaaaaah… Makan bakso mah bisa dimana sajaa. Eits… Pernah lihat foto dibawah ini gak?

Bakso beranak
Yup! Bakso beranak yang pernah viral itu! Disini, rasanya enaaak banget dengan harga yang gak bikin menyesal. Jadi rindu ingin datang kesana lagi, kalau mengingat rasa enaknya! Lebay :’)


Pokoknya, jangan lupa aja mampir kesini. Ada menu lain selain bakso kok 👍
Alamatnya ada di Jl. Stadion Utara No.12 Kota Wisata Batu, ikutin aja arahan di gooogle MapsJ Bukanya setiap hari dari jam 10 pagi sampai jam 10 malam. Bisa di reservasi juga loh untuk acara kumpul besar-besaran yang memuat sekitar 50 – 70 orang gitu. Atau kalau mau Tanya-tanya bisa langsung telpon ke (0341) 590388 – 081333700333.











Bukit Paralayang; Wisata Hits Kota Batu


Yup! Pernah dengar tentang terjun Paralayang kan? Yang terjun pakai parasut itu looh. Nah, kalau mau menikmati keindahan kota Malang-Batu sambil melayang-layang diudara, bisa kesini nih! Harga paling murah untuk satu kali penerbangan per-orang IDR 350.000.
Btw, kalau mau kesini, pastikan cuaca lagi bersahabat ya. Karena kalau anginnya gak bagus, fasilitas terjun paralayangnya tutup, tapi kita masih bisa menikmati wahana lain kok yang gak kalah popular! Penasaran kan kenapa dia populer? Intip penjelasannya klik disini ya….👉 Bukit Paralayang, Wisata Hits Kota Batu


Café Sawah Pujon
Setelah menikmati terjun Paralayang, lapar dong yaaa, abis melayang-layang diudara gituu. Hehe.
Disekitar Bukit Paralayang banyak juga tempat-tempat makan, tapi kalau ingin menikmati makan dengan latar keren dipersawahan, bisa kesini nih! Lokasinya cukup berdekatan, asal jangan ditempuh dengan “mersekel” alias kaki aja sih. Hehe. Pakai kendaraan transportasi yaa..
Begitu seorang teman saya meneriakkan nama café Sawah di diskusi perjalanan kami, saya otomatis membayangkan desain kafe-kafe pada umumnya yang letaknya di pinggir sawah. Tapi ternyata bayangan saya jauh tertinggal dibelakang dengan kenyataannya yang ternyata, lebih waw!
Heheeee…. Emang kayak gimana sih desainnya? Nih, lihat foto dibawah :)


 Pada tahun 2017, Januari, café ini masih tergolong baru sehingga saat saya mengunjungi tempat ini belum begitu rampung untuk dijadikan sebagai objek wisata.
Poin kedua adalah sesuai namanya jadi tempat ini adalah sebuah kafe dengan konsep persawahan sehingga ia memiliki nilai plus yaitu terlatak persis di pinggir tengah persawahan di kabupaten pujon yang sejuk nan asri.
Bukan hanya sekedar kafe yang menyediakan pemandangan sawah, kafe ini dibangun diantara persawahan dengan gazebo-gazobo kecl di sekita pematanagn yang asyik njadi tempat nogkrong!

Tiket masuk kesini ialah 10 ribu per orang untuk dewasa maupun anak kecil.
Perjalanan menuju café ini akan disuguhi oleh pemandangan persawahan serta kebun-kebun dan bunga-bunga khas daerah dingin yang tumbuh di sepanjang pinggir jalan.




Kedai Assalamu’alaikum
Yuk makan di Kedai Assalamu’alaikum!

Pintu depan kedai Assalamu'alaikum
sumber: https://qdroologbook.wordpress.com

Kedai ini tempat makan favorit saya sejak 2008. Letaknya strategis di depan kampus Universitas Muhammadiyah Malang, jadi bisa sekalian istrahat untuk sholat di Masjid disana.

Pelayanan disana baik dengan harga yang sangat menjangkau untuk dompet mahasiswa. Menu selain makanan berat yang palig saya suka disini adalah Es Ketan Durian dan Susu Soda Gembira.




Candi Badut Karangbesuki


Nah, untuk yang ingin mengunjungi wisata budaya Indonesia, bisa nih ke pertengahan Kota Malang untuk melihat Candi Badut di daerah Karangbesuki tepatnya di Dusun Badut, Desa Karang Widoro, Kecamatan Dau.

Candi Badut sendiri merupakan nama yang diberikan oleh pakar Geologi yang bernama Dr. Brandes dan Dr. V. D. K. Bosch.
Menurut cerita, ini adalah candi tertua di Jawa Timur da nada hubungannya dengan prasasti Dinoyo yang berangka tahun 682 Saka atau 760 Masehi, prasasti Dinoyo ini memiliki cerita tentang Raja Dewasinga yang dikenal dengan sifat bijaksannyaa.
Umumnya, candi ini terlihat masih baik, namun ketika kita perhatikan lebih dekat, beberapa bagian seperti atap sudah rusak dan bagian-bagian lainnya terlihat tidak lengkap.

Tiket masuk kesini gratis! Karena saya kesana, masih terlalu pagi (jam 7coy… pintu gerbangnya aja baru dibuka) saat sedang mencari sarapan sambil menghirup udara segar disana, tidak ada guide yang bisa meandu kami berkeliling untuk memberikan penjelasan. Tapi beneran deh disana masih asri sekali. Bahkan video yang saya rekam ketika disana bisa menangkap dengan jelas bunyi kicauan burung. Baca lebih lengkapnya disini👉 Candi Badut: Candi Tertua di Jawa Timur.






📎OK. Sekian review singkat untuk tempat-tempat yang bisa dikunjungi kalau lagi liburang di Malang/Batu. Semoga bisa bermanfaat untuk para pembaca sebagai tambahan list wisata yang ingin dikunjungi. Penjelasan selebihnya bisa cari di Google atau komen dibawah semoga saya bisa membantu.

📄