Cara Menyembunyikan Postingan Blog Yang Sudah Terpublish


Haiholaaa….. Semuanya!

Lagi pada nyari cara memprivate alias mengunci postingan di blog kita yang sudah terpublish kan? Sebenarnya caranya ternyata gampang banget loh!

Mau sedikit cerita nih…. Boleh ya? Hehe.

Jadi kemarin malam, saya sibuk sekali mencari cara untuk memprivate kembali sebuah tulisan di blog saya agar tidak dilihat oleh orang-orang untuk sementara waktu, tapi ingin saya publish lagi suatu saat. 
Nyari-nyari di google dan baru page pertama, saya sudah menyerah karna tipsnya yaitu dengan mengedit HTML, dan saya sedang tak ingin pusing dengan HTML (padahal mah sebenarnya gak ribet, cuma krna login lewat hp jadi yaaaah… “malas”) Ada juga cara lain, yaitu dengan memundurkan tanggal publishnya, tapi entah kenapa saya tidak ingin melakukannya.
Dua menit di depan layar hp, tiba-tiba sebuah ide yang ternyata super mudah, nangkring di kepala. 

Gimana tuh? 

Yuk… disimak caranya.


1. MASUK ke akun blogger kalian





2. Muncul dasbor blog kalian, klik POSTINGAN






3. Klik EDIT pada postingan yang ingin kalian sembunyikan






4. Masuk ke tampilan isi tulisan kalian, 
5. Klik KEMBALI KE DRAFT









6. Tulisan akan otomatis tersimpan, untuk memastikan, klik SIMPAN, lalu klik TUTUP.







SELESAI. 







Nah, disini, postingan kita akan berubah kembali menjadi draft sehingga tidak terpublish di blog, namun jumlah viewer atau pembaca yang sudah membaca postingan itu tetap ada. Dan jika suatu saat ingin di publish, tanggal terpublishnya tetap tanggal yang lama/tanggal awal dipublishnya postingan tersebut.

Untuk memastikan bahwa postingan tadi sudah tidak terpublish, saya mencari judul postingan tadi dalam blog saya "22 September 2018", dan hasilnya, TIDAK DITEMUKAN.







Baiklah, sekian tips untuk menyembunyikan postingan di blogger yang sudah terpublish. Semoga bermanfaat. Sampai ketemu di postingan lainnya!