Pages - Menu

JANGAN KETINGGALAN!

Sunday, March 11, 2018

FORMAT SURAT KETERANGAN PENGHASILAN PENSIUNAN PEGAWAI NEGERI SIPIL (PNS)


CARA MENGURUS SURAT KETERANGAN PENGHASILAN ORANG TUA (SKPO) PROFESI PNS YANG SUDAH PENSIUN

Assalamu’alaikum. Hallo semua……
Kali ini saya mau berbagi pengalaman saja bagi yang belum tau bagaimana dan dimana mengurus SKP Pensiunan PNS dan bagaimana format dokumennya.
Jadi suatu saat, saya harus mengurus administrasi kuliah yang membutuhkan Surat Keterangan Penghasilan Orang Tua. (Almarhum) ayah saya adalah seorang pegawai PNS yang telah dinyatakan pensiun pada Surat Keputusan Kepegawaiannya yang terakhir. Dan biasanya bagi seorang pensiunan PNS yang telah meninggal, kerabatnya akan mendapatkan dana pensiun, sehingga saya membutuhkan SKP ini sebagai lampiran untuk penjelasan latar belakang pembiayaan uang kuliah saya.
OK, langsung saja. Jadi dimanakah tempat yang harus didatangi untuk mengurus SKP Pensiunan PNS?
Kita hanya perlu datang ke Kanwil Kementrian tempat pengambilan dana pensiun.
Jika Pensiunan PNS bersangkutan diangkat sebagai pegawai PNS dibawah naungan kementrian Agama (Kemenag), maka datangi kanwil kemenag. Jika diangkat sebagai PNS dibawah naungan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), maka datangi Kanwil Kemendikbud.
Umumnya, SKP seorang pegawai PNS akan dikeluarkan oleh instansi Kanwil Kementrian daerah setempat dimana pegawai PNS itu ditugaskan. (Almarhum) ayah saya adalah seorang PNS dibawah naungan Kementrian Agama, sehingga yang harus saya lakukan adalah menghubungi kanwil Kemenag terkait. Namun, ketika saya menghubungi pegawai kanwil terkait, mereka sepertinya belum pernah membuat SKPO Pensiunan PNS sehingga mereka menanyakan format yang SKP yang saya inginkan. Saya pun akhirnya mencari di internet, namun menjadi sedikit kebingungan karena mendapatkan sumber format yang berbeda-beda.  Dari semua sumber yang saya baca, saya simpulkan menjadi format SKP yang akan saya lampirkan dibawah ini:

Format Surat Keterangan Penghasilan Pensiunan PNS


Ad