Membuat kantong penyimpanan power bank – DIY



Abis beli power-bank kecil dan warnanya putih. Khawatir kalau-kalau karna warnanya, si perangkat pengisi daya para gadget ini bakalan kotor, saya pun membuat tas kecil super simpel untuk si powerbank. Sekalian sih kalau bawa-bawa bisa praktis satu paket dengan kabelnya, tidak repot cari-cari lagi.
Meskipun tas-nya juga dari kain berwarna putih. Kan bisa dicuci, hehe
Bikinnya gak lama. Cuma 10 menit selesai.
Di bawah ini proses pembuatannya.
Saya mikir dan nyari-nyari mau buat si tas dari apa ya. Kebetulan ingat ada celana tidur tak terpakai lagi. OK dah, bahan utama sudah ada, alat juga sudah siap.
Mau check lagi: Gunting, jarum jahit, benang jahit, kain, dan tentunya si power-bank.

Pertama-tama, saya tentukan seperti apa bentuk tas yang mau saya buat.
Saya ingin buat yang simpel saja, jadi saya letakkan power-bank di atas kain (celana) dekat bagian pinggang lalu menggunting si kain sesuai ukuran power-bank, dengan menyisakan 3 cm untuk di jahit.

Setelah dipotong, saya mulai jahit bagian pinggir-pinggir yang perlu dijahit. Saya jahit dengan jarum tangan menggunakan gaya jahit rantai (di rumah saya bilangnya begitu). Gak tau mau menjelaskannya gimana. Pokoknya penampakan benang jahit rantai itu satu sisi kelihatan rapi, satu sisinya saling bertumpuk, kayak yang ada di gambar bawah ini:

Oh iya, saya jahitnya dari bagian dalam ya.
Karena power-bank saya kecil, tasnya juga kecil saja jadi jahitnya tidak makan banyak waktu, dan… Pengen nambahin pita atau semacam ritsleting, tapi kapan-kapan saja lah. Untuk sekarang, begitu saja dulu.