Cintaudyna: Gadis Riang Pemilik Tangan Ajaib


Mu.... siapa nih Cintaudyna? Kok tiba-tiba kamu ngomongin dia?
Well, dalam dunia internet... cintaudyna adalah user-name milik seorang gadis riang yang bernama lengkap Chintara Putri Audyna Alsya.

Emang siapa dia?
Chintara itu seorang teman yang menginspirasi.

OK. Dan kenapa kamu ngomongin dia?
Kalau itu sih, saya nulis ini setelah beberapa hari ini melihat komentar orang-orang di akun instagramnya tentang betapa orang-orang selalu senang melihat karya-karya Chintara. Saya ikut senang. Jadi, saya memutuskan menulis ini. Hehe

Oh. Jadi kamu kenal dia?
Ya, gak kenal-kenal amat sih. Tapi tau lah. heehe.

Intinya kali ini saya mau nulis sedikit tentang gadis pemilik u-name cintaudyna itu. Dan... Here it goes....


****
(Juli, 2008) Pertama kali membaca nama Chintara Putri Audyna Alsya pada list kamar disebelah pintu kamar saya, yang terbayang di dalam benak saya adalah seorang anak perempuan imut murah senyum yang selalu bisa bikin orang-orang senang. 
Lucu tidak? Mungkin lucu. Tapi sejujurnya, itu yang muncul dalam benak saya beberapa tahun silam di hari penerimaan santri baru di Boarding School SMP Ar-Rohmah Putri Malang. Sebuah pesantren dibawah naungan lembaga Hidayatullah yang saat itu baru akan memiliki saya dan teman-teman sekelas saya sebagai angkatan keduanya. Chintara termasuk salah satu diantaranya.

Seiring berjalannya waktu, saya mengenal Chintara sebagai gadis yang mirip seperti apa yang kemarin-kemarin muncul dalam benak saya. Kami memanggilnya Tara, tapi saya lebih suka menyebut Chintara.
Saya dan Chintara bukan teman dekat, tapi kami berteman baik. Chintara pintar dan selalu riang. Dia punya hobi menulis dan punya setumpuk notebook sejak di bangku SDnya. 

Selain di notebook, dia juga menulis di dunia internet. 

Ketika itu di tahun 2008 (atau 2009 ya... saya lupa), dimana Friendster masih cukup populer, laman Friendster milik Chintara yang bling-bling penuh glitter adalah yang pertama kalinya saya lihat ketika belum tau apa itu Friendster. Hehe. Maklum, anak desa yang sejak kelas empat menggunakan komputer untuk maen game Solitaire, atau nonton film dan memutar musik ketika tidak ada hal untuk diketik.
Ketika pelajaran Teknologi Informasi dan Komputer (TIK)  dan kami mulai belajar tentang dunia blogspot pun, Chintara adalah salah satu dari mungkin sekitar tiga atau empat teman saya yang sudah punya blog. Dia memang suka sekali menulis dan menggambar. Jadi notebook miliknya selalu penuh warna dan bikin kita senyam-senyum kalau baca.

Setelah kelulusan SMP, Chintara pindah sekolah. 
Hal yang selalu saya ingat dari Chintara adalah suara seraknya yang selalu menjawab "Cinta tiada tara" sambil tersenyum riang setiap kali orang bertanya apa arti Chintara.

Setelah itu, saya tidak pernah mendengar lagi tentang Chintara. 

Tahun 2015, ketika saya akhirnya membuat akun Instagram, saya 'bertemu' lagi dengan Chintara. Ya, maksudnya kami follow-follow an lah. Dari sana, saya akhirnya tau kalau kami sama-sama berkuliah di Bandung. Lalu suatu saat Chintara meninggalkan komentar di sebuah postingan saya "Ummu, kita ketemuan yuk!" tapi hingga saat ini, kami bahkan belum pernah ketemu secara tidak sengaja. Hehe.

Dan Chintara yang sekarang masih menempel dengan embel-embel lucu dan periangnya. Dia masih suka menulis dan menggambar. Bahkan sekarang ia punya embel-embel baru: tangan ajaib! 
Chintara punya bisnis sendiri yang ia namakan heiho.hand. Disana, Chintara dan beberapa temannya memproduksi baju, jilbab, tote bag, postcard, stiker, kalender bergambar, illustrasi berbingkai , dan lain-lain yang kesemuanya adalah hasil karya tangan-tangan ajab Chintara bersama teman-temannya.




Selain menciptakan ladang usahanya sendiri dengan tangan ajaibnya, Chintara juga berkolaborasi dengan orang-orang hebat lainnya. Misalnya, ikut dalam mengelola akun @suaracerita. Chintara juga sering menjadi illustrator buku-buku dari para penulis; salah satunya adalah dalam buku berjudul Cinta Adalah Perlawanan cetakan pertama milik Azhar Nurun Ala. Atau dia pernah jadi illustrator di Mojok.co. 

Kok bisa saya tau semua itu? Ya dari hasil baca. 
Pas baca ini dan itu, nemu tulisan 'by: @cintaudyna' gitu deh... Dan kalau ngunjungin instagramnya kan biasanya di bio, suka ditempelin link-link gitu kan... Jadi deh saya tau. 

OK. Sekian tulisan kali ini yang isinya kayak cerita atau apalah anggapan kalian. 

Intinya teman yang satu ini keren sekali dan hidupnya selalu terlihat penuh semangat. Meskipun dia sendiri selalu bingung ketika ditanyai orang-orang tentang tips agar selalu bahagia. Karya-karyanya juga kayak punya suntikan energi positif buat yang baca.

Apapun itu... kedepannya, semoga Chintara selalu sehat dan selalu menyebarkan energi positif ya. Aaamin.


Ini dia gadis cantik yang selalu hepi itu
@cintaudyna

Btw, dari tadi ngomongin Chintara, penasaran gak sama hasil tangan ajaibnya? hehe. Bolehlah tengok di @heiho.hand

Saya masih suka baca tulisan-tulisan Chintara di
http://ikanachin.blogspot.com/
Blog lamanya ada di
http://chintaraputriaudynaalsya.blogspot.com/
dan, sepertinya blog lama Tara yang lainnya sudah terhapus.