Pages - Menu

Sponsor

Saturday, May 19, 2018

Hidangan Berbuka Puasa Ala Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam




Seperti yang kita ketahui, Rasulullah Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam adalah seorang manusia yang selalu hidup dalam kesederhanaan dan merupakan sesuatu yang sunnah alias berpahala apabila kita contoh dan kita terapkan dalam kehidupan kita sehari-hari.

Nah… Sudah pada tau belum hidangan yang biasanya dimakan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam?
Diriwayatkan oleh Abu Daud, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam biasanya berbuka dengan kurma basah, atau kurma kering, atau seteguk air. Ini nih bunyi haditsnya:

 كَانَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يُفْطِرُ عَلَى رُطَبَاتٍ قَبْلَ أَنْ يُصَلِّىَ فَإِنْ لَمْ تَكُنْ رُطَبَاتٌ فَعَلَى تَمَرَاتٍ فَإِنْ لَمْ تَكُنْ حَسَا حَسَوَاتٍ مِنْ مَاءٍ


Artinya:

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam biasanya berbuka dengan ruthab (kurma basah) sebelum menunaikan sholat. Jika tidak ada ruthab, maka beliau berbuka dengan tamr (kurma kering). Dan jika tidak ada yang demikian, beliau berbuka dengan seteguk air.” (HR. Abu Daud no. 2356 dan Ahmad 3/164, hasan shahih) Sumber : https://rumaysho.com/1877-11-amalan-ketika-berbuka-puasa.html

MaasyaaAllaah. Sederhana sekali kan? InsyaaAllaah Menyehatkan juga.
Kenapa berbuka hanya dengan itu saja? Berbuka dengan kurma dan air putih saja sangat bagus, itu karna selain kita telah mendapatkan berkah berbuka sesuai sunnah, kita juga sebenarnya sedang berbuat baik terhadap diri kita sendiri. 
Tentu saja kita boleh berbuka dengan hidangan lain, namun sebaiknya agar tidak berlebihan. Kenapa sih? Kan seharian sudah menahan lapar dan haus, bagus dong kalau kita makan yang lebih banyak? 
Teman-teman…. lambung kita yang seharian tidak terisi akan merasa kaget dengan makanan dan minuman yang masuk dalam jumlah yang berlebihan. Kita juga akan merasa malas melaksanakan ibadah sholat maghrib karena kita terlalu kekenyangan. Pernah kan teman-teman merasa kekenyangan dan akhirnya melalaikan sholat? Melalaikan ini bukan hanya berarti meninggalkan loh ya… Mengundur-undur pelaksanaan sholat karena alas an yang tidak bermanfaat itu juga masuk dalam ‘lalai’ loh….
Jadi teman-teman. Mari kita contoh kebisaan Rasulullah Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam ini! Selamat berpuasa, semoga berkah.😊

Ad