Pages - Menu

Saturday, April 14, 2018

Selangkah Lebih Dekat dengan Pulau Alor





Hello good readers. 

So I wrote this writing in English too. You can check it out by clicking πŸ‘‰ One Step Closer to Alor Island(s)

Pernah dengar tentang pulau Alor?
Pernah jalan-jalan kesana?

Kalau belum, ditulisan kali ini, saya mau perkenalkan SEDIKIT saja beberapa sisi dari pulau Alor berdasarkan pengetahuan saya yang sebenarnya juga minim, hehe.

Pulau Alor adalah sebuah pulau di antara kepulauan kabupaten Alor yang merupakan bagian dari provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Pulau Alor sendiri dikenal sebagai Kota Kenari karena terdapat banyak pohon kenari disana. 

Ya.... Buah dari pohon kenari ini biasa dimakan oleh penduduk setempat sebagai makanan pendamping jagung titik; makanan tradisonal khas NTT yang dibuat melalui penggorengan di periuk tanah liat, lalu dititik dengan batu besar yang pipih (kalau kalian penasaran dengan jagung titik, saya akan bahas di tulisan lainnya nanti). Tau nggak buah kenari itu seperti apa? Banyak dari teman-teman non-NTT saya yang tidak percaya kalau ada buah bernama ‘Kenari’ ketika kami bermain permainan “Lima Pancasila Dasar” hehehe. Nah, Ini dia gambar dari buah dan isi buah kenari!
Gambar buah kenari
Sumber: https://twitter.com/zoomalor/status/547247205049188352
Gambar isi buah kenari
Sumber: https://www.pergidulu.com/kuliner-komoditi-pulau-alor/








Lanjut.........



Gambar nekara/moko
Sumber: https://www.goodnewsfromindonesia.id/2016/02/25/moko
Kalau kalian ingat, pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di bangku SD/MI dan bangku SMP/MTs dulu, pulau Alor tertulis sebagai tempat dimana Nekara yang sudah sangat langka masih bisa ditemukan. Di pulau Alor sendiri, Nekara di kenal dengan nama populer “moko”. Di pulau Alor, ada ada budaya yang dilakukan beberapa orang atau suku, dimana moko merupakan syarat mas kawin ketika seorang lelaki ingin mempersunting seorang wanita. Di samping adalah gambar wujud dari Nekara/Moko. 


Mari berpindah ke tujuan utama saya menulis tulisan ini.

Biasanya, beberapa orang ketika awal mengenal asal saya, mereka akan langsung berseru
“Kamu dari pulau Alor? Wah... disana kan pantainya bagus-bagus ya???”

Ini memang..... Betuuuuuullll. Karena memang berbentuk kepulauan, Pulau Alor dikenal oleh para pelancong dengan pantai-pantainya yang indah. Saya akui memang pantai-pantai disana dominasinya masih sangat jernih dan sangat cocok sebagai tempat untuk ber-snorkeling. Nah loh! Nilai plus-plus nih buat pembaca yang punya hobi snorkeling😁. Sebenarnya ada tempat-tempat wisata selain pantai yang bisa dikunjungi di pulau Alor seperti: Museum 1000 Moko, Desa Adat Takpala, Air Panas Tuti Adagae, Air Terjun Ilawe, dan lain-lain. Tapi kali ini, saya akan membahas tenyang beberapa pantai dengan suguhan pemandangan yang InsyaaAllah akan bikin kalian, para pembaca, berdecak kagum. Hehehe. OK, let’s start.  Beberapa pantai terkenal yang ada di pulau Alor ialah:


1. Pantai Deere

Kenapa saya tulis pantai Deere pertama? Sebenarnya saya belum pernah kesini, tapi katanya di pantai ini, kamu bisa menyaksikan sunrise dan sunset yang indah tanpa penghalang apapun! Nah, saya kan jadi kepengen kesanaaaa. Hehe. Kalau ingin melihat foto sunrise dan sunset di pantai Deere, silahkan berkunjung ke link berikut ---> Pantai di Alor

Lihat, di foto bawah ini saja.... hamparan pantai terlihat seperti tanpa penghalang kan?


Pantai Deere
Sumber: https://nyero.id/tempat-wisata-di-alor-ntt/

2. Pantai Mali

Kalau kata orang-orang, pecinta sunrise, harus mampir ke pantai Mali, karena pemandangan sunrise disana ituuuuuuu…….
Nih, lihat aja sendiri foto yang saya ambil dari blog Marischka Prudence ini..

Sumber: http://marischkaprudence.blogspot.co.id/2015/07/pantai-pantai-terbaik-di-alor.html

Sumber: http://marischkaprudence.blogspot.co.id/2015/07/pantai-pantai-terbaik-di-alor.html

3. Pantai Batu Putih dan Pantai Ling Al

Pasir putih, langit biru, air bening, plus pemandangan ijo-ijo di tempat ini bikin betaaah banget. Aslinya saya belum pernah kesana, tapi ngeliat foto-foto dari –adelia- dan –kitamuda- ini, sudah membuat saya merasa sedang tidur-tiduran menikmati sepoi-sepoi angin disana.

Kalau diperhatikan sekilas, 2 foto dibawah ini terlihat mirip. Tapi sebenarnya mereka adalah dua tempat yang berbeda. 


Pantai Batu Putih
Sumber: https://www.kitamuda.id/travel/2017/08/08/7-destinasi-wisata-ini-jadi-bukti-kalau-pulau-alor-adalah-surga-tersembunyi-enggak-pengin-ke-sana/?utm_source=facebook&utm_medium=fanpage&utm_campaign=kitamuda


Pantai Ling Al
Sumber: https://www.kitamuda.id/travel/2017/08/08/7-destinasi-wisata-ini-jadi-bukti-kalau-pulau-alor-adalah-surga-tersembunyi-enggak-pengin-ke-sana/?utm_source=facebook&utm_medium=fanpage&utm_campaign=kitamuda



4. Pantai Pigewa

Nah, ini dia kembaran dari pantai Mbawana di pulau Sumba! 
Pantai Pigewa
Sumber: instagram @zoomalor

OK. Sekali lagi, saya sendiri sebagai orang Alor, sebenarnya belum pernah mendatangi pantai-pantai eksotik diatas, karena sejak kecil jarang menetap lama disana. Tapi ketika pulang alias mudik ke rumah, saya cukup snagat puas bermain di pantai yang berada di belakang rumah saya (Desa Wolwal Tengah). Ya, saya memang anak pantai yang tidak lincah berenang. Hehehe. Nah, berikut ini saya tampilkan gambar-gambar pantai di belakang rumah saya. (Oh iya, maafkan kualitas gambar yang agak buram. Saya ambil semua foto di bawah ini menggunakan android Lenovo A369i.



Mandi air laut 



Menikmati sunset





Kondisi pantai ketika air laut surut.


Langit di pagi hari. Gunung dalam foto adalah Pulau Pura.


OK. Sekian untuk tulisan kali ini. Maasih banyak lagi tempat-tempat wisata yang bisa kalian kunjungi kalau kalian ingin bermain-main ke pulau Alor. Kalian bisa cari info dan tanya-tanya melalui instagram @zoomalor. Salam😊

Ad

close